Rabu, 16 Desember 2009

pembelajaran ips di SD


Kerajaan dan peninggalan budha di indonesia
1.LETAK KERAJAAN SRIWIJAYA
Kerajaan Sriwijaya terletak di kota palembang,sumatra selatan.Menurut cerita dari cina yang bernama I-TSING,kerajaan sriwijaya di dirikan pada abad ke-7 M.Ia menyebut kerajaa sriwijaya dengan sebutan SHE-LI-FO-SHE Kerajaan sriwijaya diperintah oleh WANGSA SYAILENDRA.Raja yang berhasil membawa kerajaan sriwijaya ke puncak kejayaan adalah Balaputradewa.Kejayaan ini dicapai pada abad ke 8 dan ke 9.Bukti sejarah yang menunjukan adanya kerajaan sriwijaya berupa 5 buah prasasti yang ditulis dengan huruf pallawa dan bahas amelayu kuno.Kelima prasasti itu adalah Prasati kedukan bukit,prasasti talang tuo,Prasati kota kapur,dan prasati karang berahi.
Peninggalan kerajaan budha dalam bentuk candi adalh :
a.Candi Borobudur
Cabdi borobudur terletak di muntilan,kabupaten magelang,Jateng. Candi ini didirikan pada tahun 825 M oleh raja samratungga dari dinasti syailendra,dari kerajaan Mataram kuno. Pada tahun 1850 M,Residen Kedu Hartman membuka stupa induknya.
Bangunan candi borobudur terdiri dari 10 tingkatan. Enam tingkat berbentuk persegi,tiga tingkat berbentuk bundar melingkar,dan satu tingkat paling atas merupakan sebuah stupa induk. Candi ini mempunyai sekitar 540 arca. Pad dinding candi ini terdapat relief yang melambangkan kehidupan manusia,karena menunjukkan 10 tingkatan kehidupan yang disebut dasasila.
Dari 10mtingkatan tersebut dikelompokkan menjadi 3 yaitu tingkat kamadhatu,rupadhatu,dan arupadhatu.
a.Kamadhatu
menunjukkan kehidupan yang penuh dengan nafsu.

b.Rupadhatu
menunjukkan kehidupan dari bodhitsattwa. Relief pada Rupadhatu ialah Lalitawistara.

c.Arupadhatu
menunjukkan ke-Budhaan. Tingkatan ini tidak teerdapat relief karena menunjukkan tingkatan manusia mencapai nirwana.

1 komentar: